Senin, 14 Mei 2012



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Para ibu rumah tangga sebaiknya lebih memperhatikan hal-hal kecil agar rumah menjadi hunian yang nyaman dan sehat. Banyak sekali cara sederhana yang bisa dilakukan agar penghuni rumah merasa sehat.

Diawali dari diri sendiri, para wanita yang sering menggunakan make-up harus sering mencuci muka ketika masuk ke dalam rumah. Polusi atau debu yang menempel di kulit harus segera dibasuh dengan air.

Membersihkan wajah sebelum tidur sangat penting. Jika tidak, sisa zat kimia yang masih menempel bersama make-up mungkin akan 'menghabiskan' lapisan kulit anda dalam jangka panjang.

Agar rumah lebih sehat, jendela harus sering-sering dibuka. Membuka jendela membuat rumah mendapat suplai udara bersih dari luar. Tanpa disadari, semua perabotan rumah ternyata banyak sekali dilapisi dengan zat-zat kimia yang berbahaya. Cat-cat dinding dan lapisan bahan furnitur kemungkinan besar disemprot menggunakan bahan kimia. Sering membuka jendela itu penting sekali untuk mengganti udara di dalam rumah.

Para ibu juga harus sering-sering menjemur kasur. Keindahan dan kebersihan kamar tak hanya dilihat dari seprei yang sering diganti saja. Kasur yang ada saat ini umumnya mendapat tambahan zat untuk tahan api. Untuk meminimalisir zat itu tercium oleh anda, kasur harus sering-sering dijemur.

Jika anda sering bepergian jauh, sebaiknya jangan terburu-buru memasukkan mobil ke dalam garasi. Pasalnya, mesin mobil yang masih panas masih mengandung gas-gas beracun sisa pembakaran. Jika mobil segera masuk ke garasi, gas beracun itu kemungkinan masih akan mengepul dan berputar di garasi sehingga mengotori sirkulasi udara. Ini akan cukup membahayakan karena bisa membuat sesak nafas. Untuk membuang gas sisa pembakaran, sebaiknya anda memasukkan mobil dalam waktu satu atau dua jam setelah bepergian jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar